Widget HTML #1

Kenapa Foto Sunset Tidak Terlihat Cantik dan Berwarna?


Agar Foto Sunset Terlihat Lebih Megah Keemasan dan Oranye

Apakah Anda adalah salah satu orang yang gemar memotret pemandangan matahari terbenam? Hmm.. matahari terbenam memang mampu menyajikan suatu panorama alam yang begitu elok dan menakjubkan.

Pemandangan matahari tenggelam atau yang lebih dikenal dengan sebutan sunset ini memang jadi kegemaran banyak orang. Tak hanya para fotografer professional saja yang menggemarinya, fotografer amatir atau bahkan orang yang sekedar suka selfie pun senang dengan latar belakang foto yang bernuansa megah ini.

Begitu indahnya foto sunset ini sampai -sampai para fotografer dunia menyebut momen ini sebagai the golden moment. Golden moment adalah saat di mana matahari mulai turun menghilang sehingga cahayanya pun terlihat kemerahan berpendar di atas permukaan bumi.

Siapa pun yang sukses mendapatkan foto sunset pada lokasi yang tepat, ia pasti akan sangat senang. Apalagi, kalau hasilnya begitu berwarna dan menakjubkan.

Tak heran banyak orang yang senang berburu lokasi -lokasi menarik tempat di mana mereka bisa memotret pemandangan matahari tenggelam dengan sangat sempurna. Biasanya, lokasi yang banyak dipilih adalah pegunungan, perbukitan dan yang paling populer adalah pantai serta lautannya.

Kenapa foto sunset kurang menarik?

Sayangnya, walau pun foto sunset sudah berhasil dijepret, tapi tidak semua orang sukses menghasilkan foto sunset yang menarik dan penuh warna. Dari beberapa foto yang telah diambil, mungkin saja semua foto hasilnya kurang menawan.

Hmm, kalau begitu, pasti kecewa sekali rasanya ya? Padahal, sunset hanya berlangsung beberapa menit setiap harinya. Dan untuk mendapatkan tempat yang tepat untuk memotret sunset pun juga tidak mudah.

Masalah yang paling sering dihadapi oleh para awam ketika memotret matahari tenggelam memang pada pembiasan warnanya yang kurang maksimal. Jawaban dari kenapa foto Anda kurang berwarna, umumnya disebabkan oleh auto white balance pada kamera digital.

Jika Anda memotret menggunakan kamera digital dengan mode auto white balance, maka kamera Anda akan berusaha untuk mengeluarkan segala perubahan warna yang kurang alami, dengan tujuan menghasilkan warna dan gambar yang lebih netral.

Karenanya, settingan AWB akan memudarkan semua warna cahaya oranye dari matahari tenggelam dan segala bercak cahaya terang dari sinar matahari sehingga warnanya pun jadi lebih muram atau hambar. Dengan kata lain, kurang berwarna.

Bagaimana untuk menghasilkan foto sunset yang lebih berwarna dan indah?

Solusi untuk mengatasi masalah ini sebetulnya mudah saja. Agar foto sunset lebih berwarna, maka Anda hanya perlu mengatur mode white balance pada kamera digital Anda. Untuk menghasilkan foto sunset yang indah, coba atur setting pada “regular Daylight or Sunlight setting.

Kedua mode ini dapat memberikan hasil warna yang lebih akurat dan menarik. Selain itu, cara lain yang bisa memaksimalkan warna emas dari sunset ini adalah dengan mengatur kualitas pada “low-level sunlight” dan diganti ke “Cloudy white balance setting”.

Memindahkan shade setting juga akan semakin memaksimalkan guratan warna oranye yang indah dari cahaya matahari tenggelam.

Sudah jelas? Hmm, coba praktekkan beberapa tips mudah ini dan amati seberapa hebat hasil foto sunset Anda kemudian.

Jika ingin lebih bergaya, Anda juga bisa loh berpose dengan latar belakang matahari tenggelam dan membuat siluet Anda sendiri. Foto ini pasti akan terlihat lebih megah dan begitu berwarna. Selamat mencoba.