Widget HTML #1

Cara Membersihkan Lensa Kamera


Dalam sebuah kamera, baik itu DSLR maupun digital, lensa adalah salah satu hal paling utama. Dari lensa inilah, gambar bisa ditangkap dan diproses oleh kamera sehingga bisa menghasilkan gambar yang terbaik sesuai keinginan.

Karenanya, menjaga kebersihan lensa kamera adalah hal yang penting. Membersihkan lensa kamera sudah jadi hal yang wajib bagi kamu yang gemar berfoto ria. Cara membersihkan lensa kamera mungkin memang tidak sulit. 

Ada cairan pembersih lensa kamera yang tersedia dan siap untuk kamu gunakan. Harganya pun relatif murah jika untuk merawat lensa kamera yang memang berharga mahal. 

Sayangnya, terkadang ada juga para pengguna kamera yang tidak sadar jika kameranya sudah sampai pada waktunya untuk dibersihkan. Padahal, jika lensa kamera kotor atau berdebu, maka kualitas gambar yang dihasilkan pun bisa berkurang.

Mengetahui masalah kamera karena lensa kotor

Misalny, Anda mungkin sudah menggunakan kamera DSLR Anda selama satu tahun. Dan selama itu, Anda hanya sekedar mengelap bagian luar kamera dan lensanya saja. Sementara Anda tidak tahu bagaimana mendeteksi kemungkinan adanya kotoran atau debu pada sensornya.

Untuk mengetahui apakah ada kotoran atau debu di sensor lensa kamera, Anda bisa melakukan beberapa cara ini :

  1. Temukan objek foto yang bersih dan terang, seperti misalnya langit biru yang cerah.
  2. Setting kamera pada mode Aperture Priority.
  3. Gunakan small aperture dengan f/22.
  4. Zoom lensa sampai ke tingkat maksimum dan gunakan fokus manual.
  5. Kemudian, ambil beberapa foto.
  6. Lalu pindahkan foto tersebut pada layar monitor komputer Anda. 
  7. Jika ada noda gelap di satu tempat yang sama pada beberapa foto yang diambil tadi, artinya memang ada kotoran atau debu pada sensor lensa kamera Anda.

Mungkin juga Anda tidak melakukan percobaan di atas, tapi merasa ada yang aneh dengan hasil jepretan Anda. Semisal, jika Anda mengambil gambar indoor dengan ISO 3200, dan ternyata masing -masing hasilnya memiliki titik merah yang tipis pada tempat yang sama, untuk beberapa gambar berbeda.

Pelajari juga: Tips Memotret di Malam Hari

Cara membersihkan lensa kamera

Jika demikian, artinya pada sensor lensa kamera terdapat debu atau kotoran. Jika demikian, segera bersihkan lensa kamera. Cara membersihkan lensa kamera paling sederhana adalah dengan :

  1. Lepaskan lensa perlahan 
  2. Tutupkan atau pasangkan penutup debu pada body kamera agar bagian kamera tidak jadi kotor saat lensa dilepaskan.
  3. Buka menu kamera
  4. Jalankan manual sensor cleaning
  5. Ketika fungsi cleaning berputar dan membuka shutter, biarkan kamera menyala pada kondisi seperti ini selama sekitar satu menit.
  6. Lalu matikan kamera (switch off) sehingga shutter tertutup dan lensa kembali turun.
  7. Kemudian, hidupkan lagi. Dan dengan dust cup yang masih menempel di lensa, ambil sebuah foto eksposure selama 30 detik dengan menggunakan mode manual shooting dan ISO yang bervariasi. 
  8. Lalu amati gambar dengan 100 % zoom pada layar komputer untuk mengecek apakah masih ada hot pixels pada sensor lensa yang tersisa atau sudah bersih.

Terkadang, proses ini perlu diulangi hingga dua atau tiga kali, mulai dari awal hingga akhir untuk benar -benar memberikan hasil jepretan yang bersih dan bebas dari hot pixels atau kotoran atau debu. Jika ternyata setelah mengulangi hingga tiga kali tapi masih ada noda gelap di hasil gambar, artinya Anda perlu membawa kamera Anda untuk diperbaiki.

Cara mengganti lensa kamera DSLR

Jika Anda ingin mengganti lensa kamera DSLR, maka Anda juga perlu melakukannya dengan hati -hati untuk menghindari masukkan debu atau partikel kecil lain ke dalam sensor kamera. Sebab, titik debu yang kecil sekali pun bisa saja merusak hasil jepretan Anda. Mungkin ini pula yang membuat banyak orang merasa paranoid jika harus mengganti lensa kameranya.

Padahal, selama Anda mengganti lensa kamera dengan cara yang tepat, adanya debu atau partikel kecil yang mengganggu kinerja sensor lensa kamera tetap bisa dihindari. 

Cara mengganti lensa kamera mudah saja. Ikuti langkah berikut ini :

  1. Pastikan kamera pada kondisi mati saat Anda hendak mengganti lensa. Sebab, melepaskan lensa pada kondisi kamera menyala akan membuat sensor kamera lebih aktif dalam menarik partikel debu sehingga membuat sensor kamera mudah kotor.
  2. Lepaskan lensa kamera perlahan.
  3. Gunakan penutup atau pelindung kamera ketika lensa yang hendak kamu pasang belum siap. 
  4. Pastikan penggantian lensa kamera tidak berada di lokasi yang banyak angin dan cuaca yang kurang baik.
  5. Ketika mengganti, melepaskan dan memasang kembali lensa kamera, arahkan kamera ke bawah untuk meminimalisir risiko adanya benda -benda atau kotoran yang jatuh ke arah sensor kamera.