Widget HTML #1

Mengenal Istilah - Istilah pada Kamera DSLR



Bagi kamu yang senang memotret dengan menggunakan kamera DSLR, maka pertama kali yang perlu kamu lakukan adalah mengenal aneka istilah yang tertera pada kameramu. Nah, kalau kamu masih belajar dan belum banyak mengenal, maka kamu bisa mempelajari dulu, aneka jenis singkatan atau kode yang ada pada kamera DSLR.

Kenali kode –kode atau singkatan yang tertera agar kamu bisa memanfaatkan kamera DSLR mu dengan maksimal, dan tentu saja agar tidak salah pencet. Nah, berikut ini terdapat daftar istilah pada kamera DSLR yang perlu kamu tahu.

# P (Program AE)
Mode P berfungsi untuk memotret dengan menggunakan mode full auto. Tapi, kamu juga bisa memilih pasangan aperture dan kecepatan rana dengan mode ini. AE sendiri adalah singkatan dari Auto Exposure.

# Tv (Shutter – Priority AE)
Kode tv ini digunakan untuk pengaturan kecepatan rana. Kamu bisa lebih leluasa dalam mengatur kecepatan rana yang akan digunakan. Apakah ingin memotret objek dengan tajam, atau ingin menciptakan efek kabur. Diafragma nantinya akan secara otomatis diatur oleh kamera.

# Av (Aperture = priority AE)
Pilihan ini bila dipilih maka akan membuatmu lebih leluasa dalam memainkan diafragmanya. Jadi, bila kamu ingin membuat latar belakang terlihat kabur, tapi tetap dengan menggunakan pengaturan kecepatan rana secara otomatis pada kamera.

# M (Manual)
Mode manual ini bisa digunakan bila ingin mengatur diafragma atau kecepatan rana secara manual. Jika kamu benar –benar membutuhkan setting yang bebas pada berbagai hal, maka opsi ini adalah tepat. Tapi, tentu kamu harus benar –benar paham cara kerja dan pengaturan aperture, kecepatan rana, dan settingan lain pada DSLR.

# A-DEP (Auto Depth –of- Field Priority)
Kamu yang ingin memilih opsi ini sangat pas jika kamu ingin membiarkan kameramu yang melacak titik fokus terbaik sehingga dapat menghasilkan aperture yang ideal untuk pemotretan.

# C1 dan C2
Mode ini berfungsi untuk menyimpan settingan yang kamu buat sendiri.

# Portrait
Kalau memilih pilihan mode ini, maka kameramu akan membuat aperture menjadi besar. Fungsi mode ini adalah untuk lebih menonjolkan wajah orang yang dipotret. Caranya, adalah dengan mengaburkan area background.

# Landscape
Pilihan landscape ini adalah kebalikan dari portrait. Sebab, mode ini akan mengatur aperture jadi berukuran kecil. Karena set aperturenya kecil, maka kecepatan rana juga akan diperlambat. Dengan begitu, landscape yang dipilih akan terlihat tajam pada seluruh area yang difoto.

# Night Portrait
Mode yang satu ini adalah istilah pada kamera DSLR yang digunakan untuk mengaktivkan lampu blitz. Lampu blitz ini juga akan berkomunikasi dengan kamera untuk bisa emndapatkan setting cahaya yang paling pas bagi kamera.