Widget HTML #1

Edit Foto dengan Photoshop

Berbicara tentang kata “photoshop” tentu sudah sangat familiar bagi sebagian besar orang. Photoshop memang menjadi salah satu program pengedit foto yang paling populer. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Hampir semua yang pernah bermain dengan program pengedit foto, pasti mengenal apa itu photoshop.

Program Photoshop banyak digunakan oleh para pemula hingga para professional sekalipun. Kepopuleran program ini dinilai karena pengoperasiannya yang terbilang mudah. Tak hanya itu, photoshop menjadi program edit komputer yang cukup tua.

Program photoshop sudah dirancang sejak tahun 1987 loh. Dan hingga saat ini, photoshop masih terus dikembangkan. Tak heran, jika photoshop mampu memahami selera konsumen dan menawarkan berbagai fitur menarik.

Daya Tarik Photoshop

Lantas, apa saja yang menarik dari photoshop? Photoshop memiliki ragam pilihan model warna yang cukup beragam. Model warna yang tersedia pada photoshop, meliputi: 
  1. Bitmap
  2. CMYK color model
  3. Duotone
  4. Efek Photoshop
  5. Grayscale
  6. Lab color model
  7. RGB color model

Sumber: dezignhd.blogspot.com 

Kekhasan lain dari format photoshop adalah pada format filenya. Photoshop memiliki kemampuan membaca format file yang beragam. Selain mampu membaca berbagai format file umum seperti RAW, PNG, GIF, JPEG, dan sebagainya, ada juga beberapa format file yang menjadi ciri khas photoshop. Yakni:
  • PSD (Photoshop Document)
Format ini mampu menyimpan gambar dalam bentuk layer. Layer yang disimpan dapat meliputi teks, blend mode, opacity, channel warna, channel alpha, mask, clipping paths, dan setting duotone. Awalnya, format file ini digunakan hanya pada photoshop, namun kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas. Karenanya, programmer lain pun kini sudah banyak yang juga menambahkan kemampuan membaca format PSD.
  • PSB merupakan versi terbaru PSD. Format ini didesain khusus untuk file yang berukuran lebih dari 2 GB
  • PDD merupakan versi lain dari PSD. Format file ini hanya dapat digunakan secara khusus untuk mendukung fitur perangkat lunak PhotshopDeluxe.

Photoshop menyediakan beragam tool guna mempercantik hasil jepretan Kamu. Photoshop memang kaya akan tool. Setidaknya terdapat sekitar 60 tools yang ada dalam aplikasi photoshop. Tool utama dalam photoshop diiantaranya:
  1. 3D Object Rotate Tool
  2. 3D Rotate Camera Tool
  3. Audio Annotation Tool
  4. Brush Tool
  5. Direct Selection tool
  6. Eraser Tool
  7. Eyedropper Tool
  8. Hand Tool
  9. History Brush Tool
  10. Measure Tool
  11. Move Tool
  12. Path Selection Tool
  13. Pen Tool
  14. Shape Tool
  15. Text Tool

Mengedit foto dengan photoshop

Photoshop dapat membuat foto yang kurang menarik menjadi lebih menarik. Beberapa hal sederhana yang dapat Kamu lakukan dengan photoshop dapat Kamu lihat pada tools di sisi kiri layar. Berikut adalah beberapa fungsi dasar tool pada photoshop:
  1. Selection tools merupakan fitur yang berfungsi untuk memilih bagian-bagian tertentu yang akan diedit. Dalam tools ini Kamu dapat memilih gambar secara keseluruhan atau sebagian gambar saja.
  2. Retouch tools merupakan fitur yang berfungsi untuk memberikan sentuhan baru pada gambar. Misalnya saja Kamu ingin menghapus, mengganti warna, memperhalus atau mempertajam bagian-bagian tertentu dari gambar.
  3. Drawing tools merupakan fitur yang disediakan untuk menggambar. Kamu dapat menambahkan objek baru ke dalam gambar Kamu. Kamu hanya perlu membuat objek tersebut melalui tools yang ada.