Widget HTML #1

Mengenal Adobe Photoshop Lightroom



Pemrosesan foto pasca pemotretan memang merupakan hal yang penting. Bagi para professional, tahapan ini seolah tidak pernah ditinggalkan. Sekali pun foto yang dihasilkan sudah menakjubkan, tapi post-processing menjadi hal yang tidak terpisahkan, terutama dalam foto jurnalistik.

Untuk itu, tak heran bila banyak para fotografer yang perlu mempelajari mengenai cara pemrosesan foto pasca pemotretan ini. Biasanya, post-processing diperlukan untuk mengolah foto - foto yang diambil dalam format RAW. Format RAW yang bisa dikatakan format mentah ini memang membutuhkan proses lebih lanjut sehingga hasilnya bisa dinikmati dengan baik.

Biasanya, file foto dalam format RAW akan diproses menggunakan RAW converter. Ada banyak aplikasi RAW converter yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Adobe Photoshop Lightroom.

Apa itu Adobe Photoshop Lightroom?
Adobe Photoshop Lightroom biasa disebut dengan “Lightroom” saja, atau LR. Lightroom ini secara sederhana dapat dipahami sebagai salah satu bentuk converter. Meski demikian, di dalam Lightroom, tidak hanya tersedia aplikasi RAW converter dasar saja.

Lightroom juga menyediakan berbagai aplikasi post processing yang diperlukan dengan cukup kompleks. Bahkan, Lightroom bisa dikatakan sebagai aplikasi post processing satu -satunya yang paling diperlukan banyak fotografer, karena menyediakan manipulasi foto yang lengkap dan kompleks.

Kelengkapan tools yang tersedia dan Kemudahan Penggunaan
Apalagi, dengan masing -masing versi barunya, Lightroom memberikan banyak keuntungan menarik bagi para fotografer melalui fiturnya yang kaya. Fitur -fitur yang tersedia pada LR memungkinkan para fotografer untuk menggunakan aplikasi ini mulai dari pengolahan paling awal hingga akhir. Jadi, Anda tidak perlu lagi berpindah dan menggunakan berbagai aplikasi untuk mengolah satu foto.

Bahkan, jika Anda hendak membuat album foto, Lightroom bisa jadi pilihan yang lengkap. Dengan semua tools dan cara penggunaan yang mudah, Lightroom memungkinkan Anda untuk mengatur foto, memproses foto, print, hingga berbagi foto, semua hal dalam satu tempat.

Memberikan Kecepatan saat Bekerja dengan Banyak Gambar
Daya tarik dan keunggulan lain dari Adobe Photoshop Lightroom adalah kecepatannya. LR membuat Anda bisa bekerja dengan fokus dan cepat meski Anda menggunakan banyak gambar sekaligus. Bahkan, mungkin bisa dengan ratusan hingga ribuan gambar sekaligus dan tetap cepat.

Kecepatan dari aplikasi ini membuat proses jadi semakin mudah, termasuk ketika menyalin dan menempel pada semua variasi aplikasi yang tersedia. Fitur yang tersedia juga tidak bersifat merusak file yang sudah ada.

Fitur -fitur pada Lightroom membantu memastikan agar file asli foto tetap terjaga sehingga memungkinkan Anda untuk mengubahnya lagi dalam bentuk yang berbeda, kapan pun. Bagi banyak fotografer, hal ini tentu sangat penting dan berharga.

Siapa yang perlu menggunakan Lightroom?
Adobe Photoshop Lightroom dibuat untuk para fotografer yang biasa mengambil banyak gambar, dengan berbagai bagian, tapi tidak terkhusus, dalam format RAW. Jika Anda adalah fotografer yang demikian, maka aplikasi ini sangat cocok utnuk Anda.

Adobe Photoshop Lightroom sangat pas untuk para fotografer professional yang memiliki banyak imajinasi dan aspirasi.  Aplikasi ini juga pas jika Anda ingin menjaga tampilan gambar yang diambil sealami mungkin dengan beragam nuansa.

Tapi, tentu aplikasi ini bukan hanya diperuntukkan bagi para professional. Sekali pun Anda hanya mengambil gambar keluarga atau kawan -kawan Anda, aplikasi ini bisa sangat berguna dan membantu Anda dalam menghasilkan gambar yang menarik.

Aplikasi ini bisa sangat berguna untuk post processing photo. Namun, jika Anda ingin melakukan olah foto dengan gaya grafis desain, aplikasi ini tidak disarankan. Ini bukan aplikasi untuk menghasilkan foto desain grafis yang karena di dalamnya tidak tersedia tools pensil atau pun kuas.

Adobe Photoshop Lightroom memang sangat pas untuk mengolah foto dalam file format RAW. Namun, selain bisa digunakan untuk mengolah file RAW, Lightroom juga dapat digunakan untuk mengolah file foto dengan format lain, seperti TIFF dan JPEG.a