Widget HTML #1

2 Macam Perangkat Camera Stand

Dalam kegiatan fotografi, ada banyak perangkat atau peralatan yang diperlukan untuk menunjang agar hasil jepretan jadi menarik. Salah satu perangkat yang diperlukan adalah camera stand.

Camera stand adalah perangkat yang digunakan sebagai penyangga kamera agar kamera tidak goyang ketika digunakan untuk memotret, terutama saat pemotretan dilakukan dalam kecepatan rendah. Sebab, ketika kita memotret dengan hanya mengandalkan tumpuan pada tangan, maka tangan bisa saja bergoyang sehingga kamera tidak stabil.

Jika kamera tidak pada kondisi stabil atau goyang, maka hal ini dapat membuat hasil foto jadi kabur atau blur. Jika kecepatan memotret yang digunakan tinggi, efek kabur ini mungkin tidak akan tertangkap dan mengganggu hasil gambar. Tapi jika kecepatan yang digunakan rendah, maka adanya goyangan atau getaran sedikit saja sudah bisa mempengaruhi gambar menjadi tidak jelas.

Untuk membuat gambar menjadi jelas inilah, diperlukan camera stand. Camera stand ada dua macam, yakni monopod dan tripod.

Monopod

Macam Perangkat Camera Stand
via: better-digital-photo-tips.com

Monopod adalah camera stand yang menggunakan kaki tunggal atau hanya menggunakan satu kaki penyangga saja. Biasanya, monopod digunakan untuk menurunkan shutter antara 3 hingga 5 stop.

Tripod

Macam Perangkat Camera Stand

Tripod adalah jenis camera stand yang menggunakan kaki tiga atau dengan tiga kaki penopang. Alat tripod dapat berdiri dengan relatif kuat sehingga dapat digunakan untuk memotret dengan kecepatan yang sangat rendah sekali pun dan menjaga agar gambar tidak goyang.

Umumnya, camera stand yang lebih banyak dipakai adalah jenis tripod karena memang lebih mudah digunakan dan stabil. Ketika hendak membeli tripod, ada baiknya Anda memilih tripod yang tepat dan baik.

Pilih tripod yang dibuat dengan bahan serat karbon yang ringan dengan ketinggian standar. Kemampuan tripod juga harus baik dalam memutar secara vertikal agar dapat digunakan dengan baik untuk mengambil gambar potret.

Tripod dapat menjadi perangkat yang sangat penting dan berguna dalam hal pemotretan. Terutama, bagi Anda yang ingin mendirikan studio foto dan sering mengambil gambar untuk pesta, foto produk, atau barang hasil kerajinan tangan Anda.