Widget HTML #1

Mengenal Lensa Wide Angle dan Kegunaannya



Bagi para penggemar fotografi, mengenal jenis jenis lensa tentunya adalah hal penting. Sebab, dalam dunia kamera, dikenal ada banyak sekali jenis kamera yang diproduksi dan dapat digunakan untuk menunjang hasil foto menjadi lebih memukau. Nah, salah satu jenis lensa yang perlu diketahui adalah lensa wide-angle.

Apa itu lensa wide-angle?
Lensa wide angle adalah jenis lensa yang cukup populer di kalangan fotografer. Jenis lensa ini pun banyak digunakan dan cukup mudah untuk dikenali. Ciri lensa wide angle dapat dilihat dari adanya angka –angka kecil yang terdapat pada lensanya. Misalnya, seperti angka 6 mm, 18 mm, 28 mm, atau angka kecil lain yang tak lebih dari 50 mm.

Jadi, lensa wide angle ini cenderung memiliki diameter lensa yang kecil, di bawah 50 mm. Semakin kecil angka lensa tersebut, maka jangkauan area yang dapat dipotret oleh lensa akan semakin lebar. Jangkauan yang semakin lebar inilah yang biasanya semakin disukai oleh fotografer.

Apa kegunaan lensa wide angle?
Kegunaan lensa wide angle secara khusus adalah untuk memotret area yang luas. Jadi, lensa ini cocok untuk mengambil gambar pemandangan, arsitektur, atau jenis foto lain denga kesan kedalaman yang ditandai dengan besarnya objek yang terdapat di bagian depan foto, dan semakin mengerucut atau mengecilkan objek –objek lainnya yang terdapat di area belakangnya.

Lensa wide angle memang dirancang untuk mengambil  area gambar yang luas atau dari jarak jauh. Lensa ini tidak cocok digunakan untuk pemotretan objek dari jarak dekat, terutama untuk wajah manusia. Alasannya sederhana sih. Jika memotret wajah manusia dengan lensa wide angle, maka hasilnya wajah akan terlihat cembung dan gendut.