Widget HTML #1

Istilah Bokeh dalam Fotografi

Bagi para penggemar fotografi atau yang sudah berkecimpung di dunia fotografi, maka istilah bokeh pasti sudah sangat lekat. Tapi, bagi yang baru belajar fotografi atau yang masih awam, mungkin kamu bertanya –tanya apa istilah bokeh dalam fotografi ini?

Biasanya sih, para fotografer profesional atau pehobi fotografi senang sekali bila bisa menghasilkan foto bokeh. Berarti, istilah bokeh dalam fotografi ini adalah hal yang baik dan dicari ya?

Apa itu bokeh?

Nah, mari kita mengenal, apa itu bokeh. Jadi, istilah bokeh dalam fotografi pertama kali dipopulerkan oleh seorang editor majalah Photo Techniques, bernama Mike Johnston tepatnya pada tahun 1997. 

Kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yakni ‘boke’ yang artinya “blur”atau “haze”. Jadi, istilah bokeh dalam fotografi ini bisa diartikan sebagai area blur atau area out-of-focus atau istilah lainnya “the way the lens renders out-of-focus points of light”. 

Bokeh bisa terlihat ketika seorang fotografer memilih untuk melakukan pemotretan dengan mode Depth of Field yang sempit sehingga ada lebih banyak ruang yang out-of-focus. Nah, akibatnya, muncullah foto bokeh yang signifikan dalam foto tersebut.

Sederhananya sih, foto bokeh ini adalah foto yang terlihat jelas di satu objek tertentu, dan di bagian lain (biasanya latar belakang) terlihat kabur atau tidak jelas. Nah, model foto yang seperti inilah yang banyak disukai dan dianggap sebagai foto yang cantik dan menarik.