Widget HTML #1

Peluang Penghasilan untuk yang Hobi Traveling dan Fotografi


Pernah mendengar istilah editorial photography? Editorial photography sederhananya mencakup aneka jenis fotografi yang digarap secara outdoor. Biasanya sih, jenis fotografi ini pas sekali bagi mereka yang suka berpergian atau berpetualang. 

Jadi, bagi kamu yang punya hobi travelling sekaligus senang dengan dunia fotografi, manfaatkan saja kesenanganmu ini sebagai lahan mencari tambahan rupiah melalui editorial photography ini. Peluang penghasilan untuk yang hobi traveling dan fotografi ini tak boleh kamu lewatkan ya.

Nah, jenis editorial photography ini ada tiga, yakni fotografi jurnalistik, fotografi dokumenter dan travel fotografi. Seperti apa ketiga jenis fotografi ini?

1# Fotografi Jurnalistik
Fotografi jurnalistik ini pas sekali dilakukan oleh kamu yang sanggup menyajikan berita atau cerita tentang manusia ke dalam tampilan foto. Nah, jika sajian cerita ini bisa kamu lekatkan dalam foto, kamu bisa membagikannya pada redaksi media massa atau majalah untuk disebarluaskan.

Inilah yang disebut sebagai fotografi jurnalistik. Bagi para fotografer jurnalistik yang melakukan pekerjaan ini, maka mereka harus lihai dalam menyajikan peristiwa yang diwakilkan dengan gambar. Ia harus pandai mengkolaborasikan kamera, lensa dan sudut pandang pengambilan gambar sehingga semua tersaji dengan pas.

Dengan cara ini, apa yang dipotret oleh seorang fotografer jurnalistik bisa tampak berbeda alias khas dibanding dengan hasil karya pemotret biasa, walaupun setting tempat dan peristiwanya adalah sama.

2# Fotografi Dokumenter
Fotografi dokumenter bisa jadi sangat mirip dengan fotografi jurnalistik. Sebab, apa yang dipotret adalah sama, yakni kehidupan manusia atau sekelompok orang. Tapi, ada yang berbeda di antara keduanya, yakni kedalaman cerita yang dibangun dari gambar tersebut.

Fotografi dokumenter bukan sebuah berita, melainkan dibuat untuk menyajikan cerita yang lengkap tentang aktivitas manusia. Karenanya, untuk membuatnya dibutuhkan riset sehingga cerita yang disajinkan bisa lengkap dan tepat. 

Contoh fotografi dokumenter misalnya adalah hasil potret proses –proses tradisi ngaben di Bali.

3# Travel Fotografi
Ini dia jenis fotografi yang paling menyenangkan bagi para pecinta traveling. Kamu bisa mendapatkan uang dari hobi wisatamu. Jika kamu senang berwisata dan memotret, maka pertimbangkanlah untuk mengambil jenis pekerjaan ini.

Kamu bisa membidikkan kamera ke arah budaya –budaya menarik atau tempat –tempat lain yang menarik. Potret saja desa –desa, tempat wisata, dan objek wisata lain yang menarik.

Meski menarik dan peluangnya besar, tapi jenis fotografi ini cukup banyak pesaingnya. Jadi, pastikan kamu melakukan yang terbaik dalam hal ini untuk memenangkan kompetisinya.