Widget HTML #1

6 Trik Foto DIY Mudah dan Murah dengan Hasil Keren

Untuk menghasilkan sebuah foto yang indah, seringkali dibutuhkan aksesoris atau alat yang tidak sedikit. Padahal, berbagai peralatan dalam dunia fotografi terkenal mahal. Lantas, bagaimana jika kita ingin menghasilkan foto keren, tapi dengan budget rendah?

Berikut ini terdapat beberapa trik foto DIY alias yang bisa Kamu lakukan sendiri di rumah, dengan cara yang mudah, dengan modal murah, serta tetap dengan hasil yang keren. Jadi, Anda tidak perlu menguras kantong sampai kering untuk menghasilkan foto keren. Inilah trip fotografi murah dan mudah dengan hasil keren, yang bisa Kamu jajal. 

1. Buat Efek Kabut dengan Plastik.
Ingin menghasilkan foto agar tampak berkabut? Coba manfaatkan plastik. Plastik bening bisa menghasilkan foto dengan pusat yang tajam, sementara ujungnya berkabut. Ini adalah trik yang dikembangkan oleh fotografer Jesse David McGrady. 

Ia menyarankan untuk menempatkan tas plastik di sekitar lensa untuk menciptakan tepi yang nyata pada gambar. Buat lubang di ujung plastik yang tertutup sehingga pas dengan lensa. Pastikan sisi yang berlawanan menutupi beberapa tepi kaca lensa. Plastik juga harus cukup dekat dengan lensa agar bisa menciptakan efek kabut pada gambar. Kamu juga bisa memberikan warna pada plastik sebagai variasi lain.


2. Filter Bokeh dari Kertas
Menghasilkan gambar bokeh dalam sebuah gambar dapat dilakukan dengan mengubah bentuk bukaan lensa. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan filter bokeh. Untuk menghasilkan gambar bokeh, Kamu bisa membeli filter bokeh. Tapi, Kamu bisa pun juga bisa membuatnya sendiri. 

Cara membuat filter bokeh bisa menggunakan selembar kertas yang digunting, lalu cari sesuatu untuk melekatkan kertas ke lensa seperti ikat rambut. Potong kertas sesuai bentuk yang Kamu inginkan untuk menghasilkan gambar bokeh dan letakkan kertas di atas lensa. Kamu bisa menempelkannya dengan karet gelang atau selotip.

Kertas mengubah bentuk lubang di lensa sehingga mampu menghasilakn gambar bokeh. Namun, perlu diketahui bahwa Kamu juga membatasi cahaya yang masuk ke kamera. Jadi jika Kamu berada di lingkungan yang kurang cahaya, Kamu mungkin perlu menyesuaikan pencahayaannya.

3. Membuat Garis Cahaya Horizontal/ Flare
Perusahaan lensa bekerja keras untuk mengurangi flare. Namun terkadang, fotografer menginginkan hasil foto artistik dengan garis cahaya atau flare. Untuk menghasilkan flare pada sebuah foto, Kamu bisa memanfaatkan beberapa tali pancing atau string tembus.

Pancing yang jernih dapat membuat flare horizontal pada lensa. Tempatkan tali pancing di bagian depan lensa, dekat dengan lensa, tapi jangan terlalu dekat agar tidak mengganggu kualitas gambar.

Jika Kamu ingin membuat flare horizontal, letakkan pada posisi horizontal, begitu pula jika Kamu ingin membuat garis cahaya vertikal, letakkan pada posisi vertikal.


4. Memodifikasi Cahaya Dengan Benda Rumah Tangga
Cahaya dapat menciptakan berbagai efek pada hasil fotomu. Trik hack fotografi DIY kali ini bisa dilakukan dengan menempatkan sesuatu di depan lampu kilat untuk menciptakan efek pencahayaan yang tidak biasa.

Misalnya saja dengan menempatkan saringan dapur di atas flash sehingga dapat menciptakan cahaya yang terlihat. Setiap benda rumah tangga dengan bentuk yang unik dan, khususnya yang memiliki lubang atau bukaan dapat berfungsi untuk hack fotografi DIY. 

Kamu bisa menghasilkan efek cahaya yang indah untuk bidikan close-up dalam fotografi potret. Kamu juga bisa menggunakan satu set window blinds untuk membuat cahaya yang lebih redup. Renda bermotif juga dapat mengulangi pola dalam cahaya.

Fotografer Joe Edelman pernah menyarankan agar membuat pola gobo sendiri. Caranya, potong pola sendiri dari papan busa dan letakkan di atas cahaya. Cara ini memungkinkan Kamu mendapat pola pencahayaan yang unik.

5. Gunakan Permukaan Mengkilap untuk Membagi Bingkai
Trik foto DIY kali ini memang tak biasa, yakni dengan menggunakan permukaan reflektif. Apa itu? Permukaan reflektif adalah permukaan mengkilat yang bisa memantulkan cahaya. Tak perlu susah mencarinya. Kamu bisa mengandalkan layar H atau tablet untuk permukaan reflektif hitam yang bagus. 

Pegang layar di bawah atau sedikit di atas bagian bawah lensa, lalu miringkan layar untuk merefleksikan bagian atas gambar di bagian bawah. Trik ini tidak terbatas pada telepon pintar. Kamu bisa mencari permukaan reflektif lain yang bisa Kamu dekatkan ke lensa.

6. Efek Hujan dengan Botol Spray
Apakah Kamu menggemari tampilan foto dengan efek hujan? Tetapi tidak ingin benar-benar basah? Kamu bisa menciptakan efek hujan dan dengan subjek foto yang tetap kering dan dengan cara murah bahkan gratis.

Kamu bisa menggunakan tetesan air sebagai latar belakang. Caranya, minta asisten untuk menyemprotkan air di belakang subjek dengan menggunakan botol semprot. Kamu juga bisa menggunakan botol sprayer untuk menghasilkan efek hujan yang menarik.

Kuncinya adalah menempatkan cahaya di belakang semprotan. Ini akan membuat tetesan air itu berkilau. Kamu juga bisa menggunakan gel flash untuk memberi warna air. Banyak fotografer menggunakan trik ini untuk potret, seperti Joe Edelman hingga Pyre Jirsa.