Widget HTML #1

Ingin Membeli Kamera DSLR Harga 5 Jutaan? Pertimbangkan Hal Ini Dulu!


Tak dipungkiri, fotografi sudah menjadi hobi yang semakin laris akhir -akhir ini. Lihat saja di tempat -tempat wisata, di pinggir -pinggir jalan utama, di tempat -tempat festival dan di spot -spot menarik lain di kota -kota, Anda bisa menemukan orang -orang yang sedang beraksi dengan kamera DSLR untuk melancarkan hobi fotografinya.

Entah mahir atau tidak, entah hasil jepretannya terlihat sempurna atau tidak, yang penting bisa menjepret objek yang disukai sudah menjadi kesenangan tersendiri. Maraknya kemunculan para penghobi fotografi ini secara tidak langsung dipengaruhi oleh banyaknya bermunculan kamera DSLR berharga murah.

Bagaimana tidak? Dengan uang sekitar Rp 5 juta saja, Anda sudah bisa membeli seperangkat kamera DSLR. Ya, sekarang ini sudah ada banyak kamera DSLR harga 5 jutaan yang ditawarkan oleh pabrikan kamera kenamaan seperti Canon dan Nikon. Bahkan, kamera DSLR 5 jutaan ini sudah dilengkapi dengan kit lengkap seperti lensa 18 - 55 mm. Menarik bukan?

Bagi yang mempunyai budget pas -pasan, tentu produk ini bisa jadi angin segar. Anda bisa menikmati hobi fotografi dengan budget yang tak terlalu tinggi. Padahal, fotografi adalah salah satu hobi yang mahal. Tentu sah -sah saja bila Anda ingin membeli kamera DSLR seharga 5 jutaan ini.
Jika hanya untuk sekedar memuaskan keinginan dalam menjepret, kamera kelas low end ini tentu sudah cukup mumpuni. Tapi, bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil jepretan berkualitas tinggi, coba pertimbangkan lagi.

Sekali lagi, fotografi adalah hobi yang mahal. Jika Anda ingin menuruti kepuasan dalam menghasilkan jepretan istimewa, maka memilih kamera DSLR harga 5 jutaan harus dipertimbangkan ulang. Kenapa? Karena untuk menyempurnakan hasil foto Anda, akan ada banyak tambahan budget yang perlu Anda keluarkan lagi, selain harga 5 juta tadi.

Pertama, tentu Anda ingin hasil jepretan Anda stabil dan tajam bukan? Untuk itu, Anda akan memerlukan tripod, terutama bila Anda senang dengan foto makro. Maka, tripod menjadi hal yang amat penting, dan bisa dikatakan wajib.

Untuk ini, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli tripod. Memang tidak mahal, Anda bisa mendapatkan tripod harga murah sekitar Rp 200.000 seperti pada merk Excell Promos.

Kedua, cahaya dalam fotografi adalah hal yang sangat penting. Untuk bisa melakukan eksperimen dengan cahaya, maka Anda butuh lampu blitz yang lebih dari standar, atau istilahnya adalah pop -up flash.

Artinya, kalau Anda ingin hasil foto terlihat cemerlang dalam kondisi minim cahaya, Anda perlu membeli eksternal flash. Harga eksternal flash ini terbilang cukup menguras kantong. Untuk merek NISSIN yang termurah saja, hargany mencapai Rp 800.000. Jika ingin yang lebih baik seperti merk Canon, harga flash bisa mencapai Rp 6,5 juta. Wow!

Ketiga, para fotografer professional yang senang memotret alam biasanya memotret dengan angel yang luas. Jika Anda juga terterik menghasilkan foto dengan angle luas, maka Anda butuh untuk mengganti lensa Anda. Sebab, lensa normal 50 mm tidak akan mampu menghasilkan jepretan dengan angle luas dan menarik.

Padahal, tahukah Anda berapa harga lensa wide angle? Harganya bisa lebih dari harga body kamera kit yang Anda beli tadi. Lensa wide Canon tope EF 17 - 40 saja, harganya hampir Rp 7.000.000. Sudah lebih mahal dari harga body kamera kit yang 5 jutaan bukan?

Keempat, tak hanya tripod, flash dan lensa saja yang perlu dibeli untuk menyempurnakan hasil jepretan. Secara umum, Anda juga akan butuh berbagai aksesoris lain yang tak kalah penting. Misalnya saja seperti memory card, lens hood, tas atau ransel penyimpanan kamera, filter, hingga lampu studio bila perlu.

Harga berbagai aksesoris ini memang ada yang murah, tapi karena ada bermacam - macam, tentu bila ditotal akan mahal harganya. Jadi, inti sebenarnya adalah fotografi adalah hobi yang mahal. Jika Anda berpikir dengan uang 5 juta sudah bisa menghasilkan jepretan layaknya professional, Anda salah.