Widget HTML #1

Tipe – Tipe Lensa Khusus Pada DSLR (EF, USM, IS, L, EF-S)

Dilihat dari teknologi yang dibawa, terdapat beberapa jenis lensa khusus yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang hasil jepretan kamera Anda. Masing-masing jenis kamera dibekali dengan keunggulan khusus.

Berikut adalah pembagian jenis-jenis lensa khusus dan keunggulannya:


1. Lensa EF

Lensa canon EF merupakan kamera yang dibuat khusus untuk kamera DSLR Canon EOS. Disebut sebagai lensa EF atau Electro Focus. Artinya lensa ini telah ditunjang dengan sistem auto fokus yang digerakkan oleh sebuah electro motor. 

Electro motor ini terintegrasi langsung pada body lensa untuk mencari fokus, sehingga tidak ada kontak mekanis antara lensa dan body kamera. Proses autofocus seperti ini menghasilkan fokus lebih baik.




2. Lensa USM

Lensa jenis ini biasanya diadapsi dari lensa EF yang dilengkapi USM atau Ultrasonic Motor Drive. Kehadiran USM ini mampu menghasilkan autofocus yang lebih cepat, akurat dan tenang dibanding dengan hanya menggunakan motor drive AF biasa. 

USM sendiri terdapat dua jenis, yakni ring-type USM dan micrometer USM. Ring-type USM secara umum lebih disukai dibanding micromotor USM. Ring-type USM memberikan keleluasaan untuk menggunakan manual fokus tanpa beralih dari mode AF. 

Simak juga: Keunggulan dan Kelemahan Lensa Tele


3. Lensa IS

IS merupakan kepanjangan dari Image Stabilizer. Lensa jenis ini dilengkapi dengan kemampuan untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkan gambar yang kabur karena goyangan kamera. Hal ini karena lensa IS dilengkapi dengan accelerometer. 

Jadi jika Anda menggunakan lensa jenis IS, Anda masih bisa terhindar dari gambar yang kabur meski kamera Anda goyang atau bergetar. Tentu getaran yang masih bisa ditoleransi adalah getaran yang tidak terlalu besar.


4. Lensa L

Lensa seri L atau Lenses merupakan lensa yang dikenal paling baik di antara jajaran lensa produksi Canon. Lensa L memiliki performa optical yang diklaim superior. Kontruksinya pun dibuat sangat solid sehingga dikenal tahan banting. 

Lensa seri L sangat kuat dan tahan meski digunakan secara intensif dalam jangka waktu yang lama bahkan dalam kondisi apa pun. Lensa L memiliki ciri khusus yang tampak dari lingkaran merah yang mengelilingi bagian depan lensa. 


5. Lensa EF-S

Lensa EF-S dibuat sebagai turunan dari lensa jenis EF. Lensa ini dibuat dengan APS-C sized untuk image sensor.