Widget HTML #1

Memahami Fungsi Reflektor

Pernahkah kamu mengamati para fotografer outdoor yang sedang beraksi berburu foto? Jika ya, mungkin kamu sering melihat mereka membawa –bawa lembaran kertas berwarna perak. Apa sih kertas berwarna merah itu?

Kertas tersebut secara awam atau sederhana sering disebut grenjeng. Biasanya sih, kertas serupa sering kita temukan di bungkus rokok. Bagi para fotografer outdoor, kertas ini bisa sangat membantu dalam sesi pemotretan untuk menghasilkan gambar yang menarik.

Kalau dalam istilah para fotografer, kertas itu sering disebut sebagai reflektor. Nah, sekarang, sudah tahukah kamu apa fungsi reflektor itu? Pada hakekatnya, fungsi reflektor adalah untuk memantulkan cahaya. 

Jadi, ada dua manfaat reflektor yang bisa kita ambil. Pertama, fungsi reflektor untuk meningkatkan intensitas cahaya, terutama pada area wajah objek atau tubuh bagian depan. 

Sebab, apabila matahari berada di belakang atau samping objek, maka area yang tidak tersorot cahaya secara langsung biasanya akan gelap. Di sinilah fungsi reflektor.  Reflektor akan membuat area yang tak tersorot sinar langsung tersebut menjadi tetap tersinari dengan jalan memantulkan cahaya matahari tersebut. 

Fungsi reflektor yang kedua adalah, untuk menghilangkan bayangan yang sering muncul pada wajah. Area wajah pada umumnya tidak terkena cahaya secara merata kecuali apabila si model menghadap langsung pada sumber cahaya.

Oleh karena itulah, kita pelru menghapus bayangan pada wajah agar terlihat tetap menarik. Caranya, yakni dengan memantulkan cahaya ke arah wajah tersebut dengan menggunakan reflektor. Mudah bukan?